Notasi dalam UML
antara lain dijelaskan dalam tabel berikut :
Tabel
2.2 Notasi pada Use case
No.
|
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
1.
|
Actor
|
|
Orang, proses, atau
sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat diluar
sistem informasi, yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun gambar aktor
adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu orang
|
2.
|
Use case
|
![]() |
Fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai
unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau aktor
|
3.
|
Asosiasi /
Association
|
![]() |
Komunikasi antara aktor dan use case yang
berpartisipasi pada use case atau use case memiliki
interaksi dengan aktor
|
4.
|
Ekstensi / extend
|
![]() |
Relasi use
case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri
sendiri walau tanpa use case tambahan itu
|
5.
|
Generalisasi /
Generalization
|
|
Hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus)
antara dua buah use case
dimana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari lainnya
|
6.
|
Include
|
|
Relasi use
case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat
dijalankan use case ini
|
Sumber : Rossa A.S dan
M.Shalahudin (2013 : 156)
Tabel
2.3 Notasi pada Class Diagram
No
|
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
1
|
Class
|
![]() |
Merupakan kumpulan objek yang
memiliki atribut dan operasi yang sama atau mengabstraksikan elemen-elemen
yang sedang dibangun.
|
2
|
Directed Association
|
![]() |
Relasi antar kelas dengan makna kelas yang satu
digunakan kelas yang lain, asosiasi biasanya juga disertai dengan multiplicity
|
3
|
Generalisasi / Generalization
|
![]() |
Relasi antar kelas dengan makna
generalisasi-spesialisasi (umum khusus)
|
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 146)
Tabel
2.4 Notasi pada Sequence Diagram
No.
|
Gambar
|
Nama
|
Keterangan
|
1.
|
![]()
atau
![]()
tanpa waktu
aktif
|
Aktor atau tanpa waktu
aktif
|
Orang, proses, atau
sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat itu
sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor
belum tentu merupakan orang; biasanya dinyatakan menggunakan kada benda di
awal frase nama actor
|
2.
|
![]() |
Garis hidup / lifeline
|
Menyatakan kehidupan suatu objek
|
3.
|
![]() |
Waktu aktif
|
Menyatakan objek dalam keadaan aktif dan
berinteraksi, semua yang terhubung dengan waktu aktif ini adalah sebuah
tahapan yang dilakukan didalamnya
|
4
|
![]() |
Pesan
tipe send
|
Menyatakan bahwa suatu objek mengirim
data/masukan/informasi ke objek lainnya, arah panah mengarah pada objek yang
dikirimi
|
5
|
![]() |
Pesan
tipe return
|
Menyatakan bahwa suatu objek yang telah menjalankan
suatu operasi suatu metode menghasilkan suatu kembalian ke objek tertentu,
arah panah mengarah pada objek yang menerima kembalian
|
6
|
![]() |
Pesan
tipe call
|
Menyatakan suatu objek memanggil operasi/metode yang
ada pada objek lain atau dirinya sendiri
|
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 165)
Tabel
2.5 Notasi pada Activity Diagram
No
|
Gambar
|
Nama
|
Keterangan
|
1
|
![]() |
Aktifitas
|
Aktifitas
yang dilakukan sistem, aktifitas biasanya diawali dengan kata kerja
|
2
|
![]() |
Status
awal
|
Status awal aktifitas sistem, sebuah
diagram aktifitas memiliki sebuah status awal
|
3
|
![]() |
Status akhir
|
Status akhir yang dilakukan
sistem, sebuah diagram aktifitas memiliki sebuah status akhir
|
4
|
![]() |
Swimlane
|
Memisahkan organisasi
bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktifitas yang terjadi
|
5
|
![]() |
Percabangan
/ Decision
|
Asosiasi percabangan
dimana jika ada pilihan aktifitas lebih dari satu.
|
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin
(2013 : 162)
Tabel 2.6 Notasi pada Statechart
Diagram
No
|
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
1
|
State
|
![]() |
Sistem pada waktu
tertentu. State dapat berubah jika
ada event tertentu yang memicu
perubahan tersebut.
|
2
|
Start /
Status Awal
(Initial State)
|
![]() |
Start
atau initial state adalah state atau
keadaan awal pada saat sistem mulai hidup
|
3
|
End / Status
Akhir
(Final State)
|
![]() |
End atau final state adalah state
keadaan akhir dari daur hidup suatu sistem
|
4
|
Event
|
![]() |
Event adalah kegiatan yang menyebabkan berubahnya
status mesin
|
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 164)
0 comments:
Post a Comment