Notasi UML


Notasi dalam UML antara lain dijelaskan dalam tabel berikut :
Tabel 2.2 Notasi pada Use case
No.
Nama
Gambar
Keterangan
1.
Actor


Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat diluar sistem informasi, yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun gambar aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu orang
2.
Use case

Fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau aktor
3.
Asosiasi /
Association

Komunikasi antara aktor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau use case memiliki interaksi dengan aktor
4.
Ekstensi  / extend

Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri sendiri walau tanpa use case tambahan itu
5.
Generalisasi / Generalization

Hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari lainnya
6.
Include


Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan use case ini
Sumber : Rossa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 156)




Tabel 2.3 Notasi pada Class Diagram
No
Nama
Gambar
Keterangan
1
Class
Merupakan kumpulan objek yang memiliki atribut dan operasi yang sama atau mengabstraksikan elemen-elemen yang sedang dibangun.
2
Directed Association
Relasi antar kelas dengan makna kelas yang satu digunakan kelas yang lain, asosiasi biasanya juga disertai dengan multiplicity
3
Generalisasi / Generalization
Relasi antar kelas dengan makna generalisasi-spesialisasi (umum khusus)
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 146)
Tabel 2.4 Notasi pada Sequence Diagram
No.
Gambar
Nama
Keterangan
1.
atau

 



tanpa waktu aktif

Aktor atau tanpa waktu aktif
Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang; biasanya dinyatakan menggunakan kada benda di awal frase nama actor


2.
Garis hidup / lifeline
Menyatakan kehidupan suatu objek
3.

Waktu aktif
Menyatakan objek dalam keadaan aktif dan berinteraksi, semua yang terhubung dengan waktu aktif ini adalah sebuah tahapan yang dilakukan didalamnya
4
Pesan tipe send
Menyatakan bahwa suatu objek mengirim data/masukan/informasi ke objek lainnya, arah panah mengarah pada objek yang dikirimi
5
Pesan tipe return
Menyatakan bahwa suatu objek yang telah menjalankan suatu operasi suatu metode menghasilkan suatu kembalian ke objek tertentu, arah panah mengarah pada objek yang menerima kembalian
6
Pesan tipe call
Menyatakan suatu objek memanggil operasi/metode yang ada pada objek lain atau dirinya sendiri
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 165)
Tabel 2.5 Notasi pada Activity Diagram
No
Gambar
Nama
Keterangan
1
Aktifitas
Aktifitas yang dilakukan sistem, aktifitas biasanya diawali dengan kata kerja
2
Status awal
Status awal aktifitas sistem, sebuah diagram aktifitas memiliki sebuah status awal
3
Status akhir
Status akhir yang dilakukan sistem, sebuah diagram aktifitas memiliki sebuah status akhir
4
Swimlane
Memisahkan organisasi bisnis yang bertanggung jawab terhadap aktifitas yang terjadi
5
Percabangan / Decision
Asosiasi percabangan dimana jika ada pilihan aktifitas lebih dari satu.
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 162)


Tabel 2.6 Notasi pada Statechart Diagram
No
Nama
Gambar
Keterangan
1
State
Sistem pada waktu tertentu. State dapat berubah jika ada event tertentu yang memicu perubahan tersebut.
2
Start / Status Awal
 (Initial State)
Start atau initial state adalah state atau keadaan awal pada saat sistem mulai hidup
3
End / Status Akhir
(Final State)
End atau final state adalah state keadaan akhir dari daur hidup suatu sistem
4
Event
Event adalah kegiatan yang menyebabkan berubahnya status mesin
Sumber : Rosa A.S dan M.Shalahudin (2013 : 164)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment